Percayalah bahwa pacaran setelah Menikah itu lebih indah | Percayalah bahwa ketika anda memperbaiki diri anda disini, maka jodoh anda akan memperbaiki dirinya disana | Cinta dan nafsu itu berbeda. Kalau pacaran, termasuk cinta atau nafsu? Jawabannya ada pada diri anda

Tips Mengatur APBM


Anggaran Pendapatan Belanja Mahasiswa (APBM) adalah cara bagi mahasiswa untuk mengatur keuangannya agar tidak mudah bolong, terutama yang tinggal di kost.
Perhatian!! Cara ini hanya berlaku bagi orang yang ingin serius berhemat. Tidak berlaku bagi yang tidak ingin melakukannya.


Note: Beberapa adegan mungkin hanya bersifat candaan, selebihnya adalah serius. Sebagai pembaca, anda harus selektif.

Berikut beberapa tips mengatur APBM:
  1. Catat pemasukan dan pengeluaran
    Cara ini membutuhkan ketekunan yang tinggi. Karena anda akan di tuntut untuk menuliskan pemasukan dan pengeluaran setiap hari (Jika ada). Jika  pengguna smartphone, download lah aplikasi untuk mengatur keuangan. Cara ini lebih mudah daripada harus menulis di buku. Tapi ingat, jangan cuma ditulis. Namun harus di kontrol apakah grafik pengeluaran semakin besar atau semakin mengecil.
  2. Tabung uang jajan anda setidaknya 30% dari keseluruhannya
    Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika sekiranya uang bulanan anda terlambat dikirim. Bila uang bulanan anda terlambat dikirim, jangan terlalu menunggu uangnya dikirim. Tetapi, gunakan uang tabungan anda seolah-olah itu adalah uang jajan anda bulan ini. Dan jika uangnya sudah dikirim, segera ganti uang tabungan anda dan tentu saja tetap ditabung 30% setelah dikurangi uang tabungan yang terpakai.
  3. Jangan sering jalan-jalan
    Maksud dari tips kedua ini adalah jangan sering jalan-jalan ketempat yang bikin uang anda jadi keluar sendiri tanpa sadar (hebat ya uangnya). Jika sulit, gantilah dengan pergi ke taman, pinggir sungai (hati-hati kepeleset), atau jalan-jalan di trotoar juga bisa.
  4. Tukarlah makanan ringan (cemilan) dengan makan berat (nasi & lauk pauk)
    Apabila anda suka makan cemilan, tukarlah cemilan tersebut dengan nasi beserta lauknya. Kenapa? Karena jika anda membeli cemilan, pasti tidak cukup satu bungkus. Karena cemilan tidak mengenyangkan. Namun jika anda membeli nasi + lauk, satu bungkus pasti sudah kenyang.
  5. Jangan gunakan uang anda

Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat.

Image: Islamedia

author-pic 

About me


Mahasiswa UIN Suska Riau jurusan Pendidikan Matematika. Orang biasa yang bercita-cita untuk merasakan musim yang berbeda di negara sana. Menyukai hal-hal yang didalamnya terdapat teknologi.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Tips Mengatur APBM"

paling suka tips nomor 2. tpbgt dh! (y)

 
Copyright © 2016 Masilife - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top