Percayalah bahwa pacaran setelah Menikah itu lebih indah | Percayalah bahwa ketika anda memperbaiki diri anda disini, maka jodoh anda akan memperbaiki dirinya disana | Cinta dan nafsu itu berbeda. Kalau pacaran, termasuk cinta atau nafsu? Jawabannya ada pada diri anda

Beli Smartphone? Waspada!

Smartphone di era sekarang, bukanlah lagi menjadi sebuah barang langka yang sulit untuk ditemukan. Banyak sekali smartphone yang harganya sudah sangat terjangkau, sehingga bisa dimiliki oleh masayarakat pada umumnya.
Ngomong-ngomong itu judulnya lebay banget yak. Pakai waspada-waspada segala. Emang ada apa sih sama smartphone? Kenapa harus waspada coba?
Iya, waspada! Waspada kenapa? Karena sudah banyak sekali smartphone yang ada di pasaran. Sehingga kamu pasti bakalan pusing kalau milih satu-satu. Rasanya kepingin dibawa pulang semua! Bisa saja sih, asal kertas tipis bergambar pahlawan yang kamu miliki mecukupi untuk membawa pulang semua smartphone yang jumlahnya mencapai milyaran itu. Kalau saya sih cukup satu satu saja. Besoknya dua dua. *Kidding 
Biasanya kalau kamu mau beli smartphone, hal apa sih yang pertama kamu perhatikan? Trend? Model? Harga? Jeroannya? atau ada hal lain? Berikut ini ada beberapa hal yang saya perhatikan ketika ingin membeli smartphone baru.
1. Harga
Ya.. Harga adalah patokan utama saya sebelum membeli sebuah smartphone baru. Saya akan melihat dulu budget yang saya punya. Kemudian saya akan mencari daftar smartphone yang mempunyai rentang harga yang sesuai dengan budget yang saya punya.
2. Model atau bentuknya
Oke, kenapa ini yang pertama saya lihat setelah harga? Karena bentuk adalah hal pertama yang terlihat sebelum melihat kedalamnya. Jadi, setelah daftar smartphone nya di dapatkan, saya akan memilah-milah lagi berdasarkan bentuknya. Sehingga akan di peroleh list yang harganya sesuai kantong dan bentuk yang tidak terlalu jauh dari keinginan saya. Sebetulnya ini tidak baku, ada beberapa hal yang nantinya akan jadi pertimbangan di bagian akhir nanti.
3. Lebar layar
Lebar layar sangat menentukan kenyamanan pemakaian. Oleh karena itu saya meletakkan ini dibagian kedua setelah tampilan. Saya memiliki tangan yang lumayan lebar, namun tidak terlalu lebar. Sehingga, saya nyaman menggunakan smartphone yang memiliki rentang layar dari 4" s/d 5". Kenapa? Layar  4" keatas, menurut saya kecil namun tidak kekecilan. Namun apabila di bawah 4", rasanya kurang nyaman karena terlalu kecil ditangan saya. Begitu pula jika lebih dari 5", rasanya akan terlalu besar ditangan saya. Juga akan susah dibawa kemana-mana. Jadi, layar yang memiliki rentang antara 4" s/d 5" masih bisa saya toleransi.
Oh iya, masih di bagian layar. Saya juga memperhatikan kerapatan layar atau resolusi. Apa fungsinya? Resolusi layar akan berpengaruh terhadap tampilan layar. Semakin rapat/besar resolusinya (pixel), maka akan semakin mantap gambar yang dihasilkan.
4. Jeroan (Mesin)
Dibagian ini adalah hal utama yang betul-betul saya perhatikan. Karena ini adalah bagian yang menjadi inti dari performa sebuah smartphone. Jujur bagian ini adalah bagian yang paling lama saya pertimbangkan. Karena saya tidak ingin kecewa nantinya ketika sudah membelinya. Dan juga budget yang saya punya sangat terbatas, sehingga harus betul-betul disaring dengan teliti. Tapi kalau kamu punya budget lebih, akan lebih gampang dalam memilih. Karena harga bagus, tentu jeroan nya akan bagus juga (pada umumnya).
Pada bagian ini yang pertama dilihat adalah CPU.
CPU adalah otak dari smartphone, jadi harus betul-betul diperhatikan. CPU smartphone umumnya ada Dual Core dan Quad Core. Sederhananya, Dual Core berarti ada 2, lalu Quad Core berarti ada 4. Bagus yang mana? Tergantung kepada clock speednya. Clock speed adalah kecepatan dari prosessor, ditandai dengan satuan Ghz. Misalnya ada pilihan CPU Dual Core 1,2 Ghz dan CPU Quad Core 1,2 Ghz. Pilih yang mana? tentu pilih yang kedua. Tapi kalau pilihannya CPU Dual Core 1,2 Ghz dan CPU Quad Core 1.0 Ghz gimana? Itulah yang bikin saya lama dibagian ini. Saya akan browsing dulu, cari-cari info tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing CPU tersebut. Dan itu pun dipertimbangkan lagi dengan keberadaan benda di bawah ini.
GPU (Tempat Pemrosesan Grafik)
Saya adalah orang yang suka bermain game di smarthone. Jadi saya membutuhkan smartphone yang bisa memenuhi hal itu. GPU menjadi hal yang saya perhatikan selanjutnya. Untuk mengetahui GPU di suatu smartphone itu bagus atau tidak, saya mencari info tentang peringkat dari GPU itu sendiri. Kalau GPU nya berada di posisi yang rendah, maka smartphone itu akan saya keluarkan dari list.
Memori
Memori adalah tempat penyimpanan data di smartphone. Memori ada 2 jenis, yaitu ROM dan RAM. ROM adalah memori yang sering kita gunakan untuk menyimpan foto, musik, dokumen, dll. Jadi, saya akan memilih memori yang besar pada bagian ini, minimal 8 GB (jika ada slot eksternal) dan 16 GB (jika hanya internal). Kemudian untuk RAM, merupakan memori untuk pemrosesan sementara. Misalnya kita membuka suatu aplikasi, ketika aplikasi itu berjalan, memori yang digunakan ketika aplikasi itu berjalan adalah RAM. Jadi saya akan memilih RAM yang sesuai (minimal 1GB)
Sensor
Nah, bagian ini nih yang sering luput dari pandangan. Sensor adalah bagian yang "mahal" pada smartphone. Kenapa mahal? ya karena begitu hehe. Begini, ada beberapa smartphone yang memangkas sensor di smarphone itu supaya harganya bisa terjangkau. Yang paling sering dipangkas adalah sensor Gyroscope. Apa itu? itu adalah sensor yang berguna untuk menjalankan kompas (yang saya tahu), serta untuk menjalankan aplikasi virtual reality (yang lagi trend video 360"). Untuk lebih jelasnya silahkan cari di google ya.
5. Baterai
Baterai menjadi poin yang paling penting bagi kehidupan sebuah smartphone. Iyalah, tanpa baterai mana bisa hidup tu smartphone. Kapasitas baterai biasanya berbanding lurus dengan ukuran layar. biasanya ukuran layar yang lebih dari 4,5" sudah memakai baterai dengan kapasitas 2000 mAH. Karena semakin besar layar, semakin banyak daya yang dipakai.
6. Kamera
Kamera jadi hal terakhir yang saya pertimbangkan. Bukan berarti saya tidak perduli terhadap kamera, tetapi saya meyakini bahwa kamera akan sejalan dengan harga sebuah smartphone. Jadi ya tidak terlalu saya pusingkan.
Nah itu beberapa hal yang saya pertimbangkan sebelum saya membeli sebuah smartphone baru. Apa iya cuma itu? Sebetulnya tidak sih, tapi hal yang lain menurut saya kondisional alias bisa di toleransi apabila keenam hal di atas sudah di pertimbangkan.
Oh iya, pengalaman saya sih di akhir pemilihan biasanya akan tersisa 2 atau 3 kandidat smartphone yang akan dibeli. Disini saya akan membandingkan lagi mulai dari bentuk dan sebagainya. Dan pada kesimpulan yang terakhir ini biasanya bentuk smartphone menjadi tidak saya prioritaskan lagi. Karena apa? Karena bentuknya sudah saya sortir di awal tadi, sehingga pada tahap akhir saya lebih fokus ke jeroannya.
Itulah tadi sedikit "curhatan" saya dalam memilih sebuah smartphone baru untuk dibeli. Cukup panjang ya? Tenang saja, tidak sepanjang apa yang ada di pikiran saya kok. Biasanya saya butuh waktu berhari-hari menganalisa sebelum memutuskan pilihan smartphone apa cocok untuk saya dan kantong saya.
Sekian, terimakasih sudah berkunjung
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Beli Smartphone? Waspada!"

 
Copyright © 2016 Masilife - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top